Setelah mempelajari mata pelajaran IPS,peserta didik kelas III SD Semester 1 akan dapat memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah. Dengan menerapkan metode kooperatif learning, student centre akan dapat memelihara lingkungan alam dan lingkungan buatan di rumah maupun sekolah.
TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS
1. Kompetensi : lingkungan alam dan lingkungan buatanA. siswa kelas III/1
B. Dapat menjelaskan arti dari lingkungan alam dan lingkungan buatan
C. Bila diberikan ilustrasi lingkungan alam dan buatan
D. indikator cukup baik
2. Kompetensi : manfaat lingkungan alam
A. Siswa kelas III/1
B. Dapat menyebutkan manfaat lingkungan alam
C. Bila di berikan ilustrasi cerita bergambar di slide
D. indikator cukup baik
3. Kompetensi : manfaat lingkungan buatan
A. Siswa kelas III/1
B. Dapat menyebutkan manfaat lingkungan buatan
C. Bila di berikan cerita bergambar di slide
D. Indikator cukup baik
4. Kompetensi : melestarikan lingkungan
A. Siswa kelas III/1
B. Dapat menyebutkan cara melestarikan lingkungan
C. Bila di berikan cerita bergambar di slide
D. Indikator cukup baik
5. Kompetensi : melestarikan lingkungan
A. Siswa kelas III/1
B. Dapat menerapkan cara melestarikan lingkungan
C. Bila di berikan demonstrasi di lingkungan sekolah
D. Indikator cukup baik
6. Kompetensi : Denah rumah dan lingkungan rumah
A. Siswa kelas III/1
B. Dapat membuat denah rumah dan lingkungan rumah
C. Bila di berikan konsep denah rumah dengan slide bergambar
D. Indikator cukup baik
7. Kompetensi : Denah sekolah dan ruangan
A. Siswa kelas III/1
B. Dapat membuat denah sekolah dan ruangan kelas
C. Bila di berikan konsep denah sekolah dan ruangan dengan slide bergambar
D. Indikator tepat
8. Kompetensi : kerjasama dilingkungan rumah dan sekolah
A. Siswa kelas III/1
B. Dapat menerapkan kerja sama dilingkungan rumah dan sekolah
C. Bila di berikan demonstrasi di sekolah
D. Indikator cukup baik